Ridwan Kamil Buka MTQ Tingkat Jawa Barat Ke-36 

Subang - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 tingkat Provinsi Jabar yang di halaman Kantor Bupati Subang, Jumat (4/9).

Acara ini dihadiri oleh 120 orang terdiri dari perwakilan 27 kota kabupaten/kota di Jabar, gubernur dan wakil gubernur serta Forkopimda seperti kapolda, kajati dan pangdam, dengan mengangkat tema "Mewujudkan Generasi Qurani Menuju Jabar Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi".

Dalam sambutannya, Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil berharap MTQ ke-36 ini dapat melahirkan generasi yang berprestasi dan berada di jalan Ilahi.

"Mari kita lahirkan generasi Ilahi melalui generasi Quran," ujar Emil.

Disamping itu, Emil berharap Jawa Barat dapat mendapatkan juara MTQ tingkat Nasional ke-XXVIII tahun 2020 di Sikabu, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, pada Oktober mendatang.

Emil juga berpesan agar MTQ ke-36 tingkat Jabar menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Lebih lanjut, ia berharap Jawa Barat bisa lebih terjaga dari COVID-19.

"Marilah kita tetap berprestasi dalam keterbatasan dan kesederhanaan dengan menggunakan protokol kesehatan 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," ujarnya.

Kabupaten Ciamis sendiri pada perhelatan MTQ kali ini mengirimkan peserta sebanyak 45 orang, terdiri dari peserta putra 22 orang dan 23 putri, serta 17 ofisial.

Pada MTQ ke-36 ini, terdapat tujuh cabang lomba yang dilombakan yaitu tilawah atau seni baca Al Quran), tahfizh atau afalan, tafsir bahasa Arab, Indonesia dan Inggris, syarhil Quran atau pidato, fahmil Quran atau cerdas cermat seputar isi Kandungan AI Quran, karya tulis ilmiah Al Quran dan kaligrafi.

Adapun jumlah peserta MTQ tahun 2020 sebanyak 1.137 orang terdiri dari peserta putra 576 orang dan peserta putri 561 orang.